Cara Mendapatkan Endorsment Buku yang Kita Tulis

7/07/2015

gambar: www.mindyjkaleta.com

Apa itu Endorsment?

Endorsment adalah komentar orang-orang kompeten yang biasanya dicantumkan di cover buku, baik itu di cover depan maupun lebih banyak lagi di cover belakang.

Para penulis buku, biasanya mencari endorser atau orang yang memeberikan endorsment untuk meyakinkan calon pembaca agar terarik untuk membeli buku yang ditulisnya.

Dan biasanya ini cukup efektif. Orang tentu akan lebih percaya pada kualitas buku kita jika orang-orang yang sudah kompeten dan dikenal juga memberikan komentar positif bagi buku kita.

Siapa Endorser?

Endorser adalah orang yang memberikan Endorsment. Endorser yang dicari biasanya dari kalangan profesional, publik figur, atau pun artis, dan orang yang sudah kompeten di bidang-bidang tertentu. Dan yang terpenting, endorser yang dicari lebih baik yang bidangnya sesuai dengan buku yang kita tulis.

Misalkan kita menulis buku tentang masakan, tentu endorser yang dicari adalah orang yang kompeten di bidang memasak, misalnya Bondan Winarno, Chief Juna, atau lainnya. 

Dan jika buku yang Anda tulis tentang motivasi, untuk endorser bisa dicari orang yang kompeten di bidang tersebut, misalkan Pak Mario Teguh, Merry Riana, Bong Chandra, atau yang lainnya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Endorsment Buku?

Untuk mendapatkan endorsment buku yang kita tulis ada beberapa langkah yang harus kita siapkan. Di antaranya sebagai berikut ini:

  • Pastikan naskah Anda sudah selesai dan siapkan naskah Anda untuk dikirimkan

    Surat, Amplop, Tumpukan Surat, Posting

    Untuk mendapatkan endorsment tentu saja naskah Anda harus sudah selesai dibuat, silakan baca langkah-langkah menulis buku. Setelah itu siapkan naskah untuk dikirimkan, bisa format pdf atau M.S word.

    Siapkan juga sinopsis naskah, karena biasanya endorser adalah orang yang sibuk, jadi mungkin juga ada di antara mereka yang hanya sempat membaca ringkasannya saja.

  • Buat daftar endorser dan cari kontak endorser

    Daftar, Daftar Belanja, Tablet

    Buatlah daftar nama siapa saja yang akan memberikan endorsment untuk buku kita. Pilih endorsment tentu yang kompeten, dikenal orang, dan  yang paling penting tentu bidangnya sesuai dengan buku yang kita tulis.

    Siapkan sekurang-kurangnya 10 nama, karena nantinya belum tentu semua bisa memberikan endorsment, mengingat mereka adalah orang-orang yang cukup sibuk. 

    Setelah itu cari kontak endorser. Di zaman saat ini untuk mencari kontak endorser tidak begitu sulit. Cari saja social medianya, bisa facebooknya, twitternya. 

    Biasanya ada yang mencantumkan kontak baik email ataupun no. telp. Yang mungkin juga ditangani oleh asisten mereka.

  •  Kirim naskah Anda pada endorser

    Setelah menemukan kontak calon endorser, misalkan emailnya. Segera kirimkan naskah dan sinopsis yang telah Anda siapkan. Buat surat di email dengan sesopan mungkin. Sertakan juga deadline pemberian endorsment.

    Jika Anda belum menemukan emailnya, Anda bisa tanyakan terlebih dahulu di social medianya. 

    Jika yang kita kirimkan tidak memberikan endorsment, cari endorser yang lain.


  • Jika buku sudah terbit, kirimkan buku pada endorser


    Setelah Anda mendapatkan endorsment, jangan lupa untuk berterima kasih, setidaknya dengan mengirimkan buku Anda yang sudah terbit ke endorser yang telah memberikan endorsmentnya. 

Endorsment-endorsment yang kita dapatkan bisa kita cantumkan di bagian cover belakang buku sebagai salah satu cara menarik perhatian pembaca dari tampilan di belakang buku.

Lebih lengkapnya tentang cara mendapatkan endorsment dan hal-hal lainnya yang membuat buku lebih bernilai jual, bisa dipelajari di >> Jurus Menulis Buku Bernilai Jual


Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Rasibook merupakan penerbit yang bisa menerbitkan karya Anda menjadi buku. 

Kami ingin meningkatkan minat baca dan semangat menulis di kalangan masyarakat. Terutama para penulis pemula untuk selalu semangat berkarya dan menerbitkan karya-karyanya. 

Melayout buku dengan mudah dan cepat >> cek www.layoutbuku.com

Lihat Cara Menerbitkan Buku di Rasibook >> http://www.rasibook.com/p/paket-penerbitan.html

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments