Cara Menerbitkan Buku Dengan Mudah dan Cepat

1/30/2014
Banyak penulis yang merasa sulit untuk menerbitkan buku. Setelah susah payah menyelesaikan naskahnya, ketika dikirimkan ke penerbit selalu ditolak. Bahkan harus menunggu kepastian berbulan-bulan untuk satu penerbit. Jika mengirimkan terus ke penerbit lainnya harus menunggu bertahun-tahun.

Tentu butuh kesabaran untuk menulis dan menerbitkan buku. Proses menulisnya sendiri butuh waktu yang cukup lama hingga naskah itu selesai.

Tapi untuk menerbitkan buku dengan cepat, ada beberapa alternatif yang bisa dipilih apabila anda ingin menerbitkan buku.

Cara menerbitkan buku dengan mudah

 

1. Kirimkan naskah ke penerbit indie


Anda bisa kirimkan naskah anda ke penerbit indie yang tidak menolak naskah. Saat ini sudah banyak penerbit indie yang memberikan layanan penerbitan. Walaupun Anda harus mengeluarkan biaya penerbitan. 

Tapi saat ini sudah ada penerbit indie dengan harga terjangkau, misalnya saja rasibook.com. Di Rasibook juga bisa dengan bebas memilih layanan yang dibutuhkan naskah. Jadi biaya bisa disesuaikan dengan kebutuhan naskah.

Dengan menerbitkan di penerbit indie naskah anda akan lebih cepat terbit. Walaupun memang ada kelebihan dan kekurangan penerbit indie dan mayor. Tapi ini bisa menjadi alternatif atau pilihan bagi Anda.

Dengan menerbitkan buku di penerbit indie juga bisa menambah portofolio bahwa Anda pernah menerbitkan buku. 

Itu bisa menjadi acuan jika nantinya Anda ingin mencoba lagi untuk mengirimkan naskah ke penerbit mayor

2. Ikut event menulis bareng


Jika Anda ingin menerbitkan buku dengan biaya yang sangat murah, biasanya Anda hanya membayar biaya harga bukunya saja. Anda tak perlu membayar proses penerbitannya seperti editing, desain cover, dan lain sebagainya. Maka ikutlah event-event menulis bareng yang biasanya diadakan beberapa penerbit indie.

Nantinya, dalam buku yang diterbitkan terdiri dari kumpulan naskah yang dikumpulkan dari beberapa atau banyak penulis. Atau buku tersebut biasa disebut buku antologi.

Setidaknya, cara ini bisa menjadi alternatif dan menambah pengalaman.

3. Ikut lomba-lomba penulisan

Menulis, Penulis, Catatan, Pena

Anda juga dapat ikut berbagai lomba penulisan. Selain berpeluang mendapat hadiah jika menjadi juara, biasanya naskah yang lolos juga akan dibukukan. Dan anda tak perlu membayar biaya penerbitannya. Biasanya cukup hanya biaya pembelian bukunya saja.

Dengan mengikuti lomba menulis juga banyak manfaatnya, bukan hanya naskah kita diterbitkan menjadi buku bersama naskah dari penulis lain dan juga bisa mendapat hadiah. Tapi juga pengalaman dan sebagai sarana latihan menulis. Dan banyak lagi manfaat mengikuti lomba menulis lainnya.

Jika Anda menjadi pemenang, tentu itu menjadi tolak ukur sampai di mana kemampuan Anda dalam menulis. Anda bisa baca tips memenangkan lomba menulis.


Itulah beberapa cara menerbitkan buku dengan mudah dan cepat yang bisa menjadi alternatif bagi anda. Selamat mencoba

Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Sekarang fokus di dunia tulis menulis dengan mendirikan CV. Rasi Terbit atau penerbit buku rasibook.

Hobi main futsal atau sepak bola, hobi juga nulis tentunya. Nulis blog juga di banguninspirasi.com, Literasi.net,  dan beberapa blog lainnya

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments