Tips Memenangkan Lomba Menulis. Kamu Harus Tau

11/19/2013


Mungkin Anda sering mengikuti lomba-lomba menulis. Mengikuti lomba menulis memang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan menulis. Apalagi jika jadi pemenangnya. Tentu akan menjadi tolak ukur sampai di mana kemampuan kita dalam menulis. Dan juga bonus tambahan dapat hadiahnya.


Berikut tips untuk memenangkan lomba-lomba menulis:


1. Pastikan anda memahami dan melaksanakan aturan dan syarat-syarat lomba.

Jika kita mengikuti lomba menulis, sebaik apa pun karya yang kita tulis, jika tidak sesuai dengan aturan dan syarat lomba bisa saja juri mendiskualifikasi naskah kita. Jadi, sebaiknya kita harus memahami apa aturan dan syarat-syarat lomba. Kemudian kita buat karya yang sesuai degnan aturan dan syarat-syarat tersebut.


2. Cari Referensi  Tentang Karya Sejenis yang Baik

Anda bisa cari beberapa referensi yang berkaitan dengan tema lomba tersebut. Tentunya kita akan melihat dan mempelajari bagaimana karya tersebut dibuat menarik oleh penulisnya. Dari situ Anda bisa mencari dan mengkombinasikan ide atau menilai ide yang telah anda miliki. 


3. Mulai menulis dan Bandingkan karya Kita dengan Karya yang Lebih Baik

Kemudian kita membuat karya sesuai syarat dan ketentuan lomba. Kita bisa mengukur kualitas naskah kita dengan membandingkan karya kita dengan karya orang yang sudah sukses tetapi dalam tema yang sama. 


4. Baca Ulang dan Perbaiki

Setelah anda selesai menulis, baca ulang beberapa kali. Perbaiki yang salah atau yang kurang enak dibaca. Anda juga bisa meminta penilaian teman atau sodara anda.


5. Kirimkan Naskah 

Setelah selesai dan merasa naskah sudah siap, telah sesuai dengan syarat dan ketentuan lomba dan kita yakin akan kualitasnya, maka kita kirimkan karya tersebut pada panitia lomba. Setelah itu, berdoalah.

6. Terus Evaluasi

Jika anda gagal, evaluasilah. Apa yang kurang dari naskah Anda. Kalau perlu, belajarlah dari pemenang lomba. Bagaimana mereka membuat karyanya.

Setelah dievaluasi, teruslah mencoba. Karena setiap orang yang berhasil sesungguhnya telah mengalami setumpuk kegagalan. Siapa tau di lomba berikutnya, Anda jadi pemenangnya.


Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Sekarang fokus di dunia tulis menulis dengan mendirikan CV. Rasi Terbit atau penerbit buku rasibook.

Hobi main futsal atau sepak bola, hobi juga nulis tentunya. Nulis blog juga di banguninspirasi.com, Literasi.net,  dan beberapa blog lainnya

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
4 Comments

4 komentar

Write komentar
27 Januari, 2016 19:20 delete

Yes.. aku juga pernah ikutan.. udah bikin cerpen berhari-hari.. ternyata gak sesuai S&K.. KESSEL..

Reply
avatar