Prinsip-Prinsip dalam Membuat Sinopsis/Blurb yang Menarik

1/20/2019

Berikut adalah prinsip-prinsip dalam membuat sinopsis atau blurb yang menarik:
1. Mewakili isi buku
2. Sentuh perasaan pembaca
3. Buat penasaran

Sinopsis atau uraian singkat buku harus mewakili isi buku. Hingga orang yang tertarik pada buku tersebut mengetahui kira-kira seperti apa isi buku yang akan ia baca. Apakah sudah benar-benar sesuai dengan bacaan yang ia inginkan, yang ia butuhkan, atau belum.

Sentuh perasaan pembaca dengan menggunakan pilihan kata-kata yang menarik. Jika buku merupakan novel yang menginspirasi maka buatlah calon pembaca merasakan inspirasinya jika membaca buku tersebut, jika novel merupakan kisah yang mengharukan buatlah sinopsis yang mengharukan.

Menyentuh perasaan pembaca sebenarnya bukan hanya untuk buku fiksi, untuk buku non fiksi pun bisa diterapkan. Yaitu dengan membuat calon pembaca merasakan apa yang ia alami saat ini atau juga yang ia rasakan setelah membaca buku tersebut.

Misalnya pada buku tentang Panduan menjalankan diet bisa dibuatkan uraiannya tentang bagaimana menjalankan diet yang sehat dan membuat calon pembaca membayangkan apa yang ia rasakan setelah ia berhasil menjalankan apa yang ada di buku tersebut.

Selain mewakili isi buku dan menyentuh perasaan pembaca, sinopsis atau blurb yang tercantum di bagian belakang buku, juga harus bisa membuat penasaran agar buku tersebut benar-benar dibeli. Jadi jangan mencantumkan semua ringkasan cerita atau semua ringkasan isi buku pada blurb tersebut. 

Selengkapnya silakan pelajari di  >> Jurus Menulis Buku Bernilai Jual

Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!


202 Panduan & template layout buku >> cek www.layoutbuku.com

Panduan Rahasia Edit Naskah >> cek www.editnaskah.com

137 Template & panduan desain cover >> cek www.powercover.rasibook.com

Lihat Cara Menerbitkan Buku di Rasibook >> http://www.rasibook.com/p/paket-penerbitan.html

Related Posts

loading...
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments