Cara Penulisan Kalimat Dialog yang Memiliki Jeda

1/17/2019

Saat penulisan naskah baik itu novel ataupun naskah fiski lainnya. Ada kalanya dialog tokohnya terdapat kalimat dialog yang memiliki jeda. Berikut cara penulisan kalimat dialog yang memiliki jeda:


Beri tanda baca pada kalimat yang memiliki kata-kata dialog di tengahnya.  Pada dialog ini ada suatu jeda sementara sebelum kemudian kalimat itu dilanjutkan.

Dalam  hal ini, Anda harus memberi tanda baca di bagian pertama dialog sama seperti biasanya, tapi kini Anda tidak memberikan tanda titik atau tanda baca penutup, melainkan tanda koma untuk melanjutkan pada bagian kedua dari dialog itu.

Hal yang perlu Anda ingat adalah jangan memulai bagian dialog yang kedua dengan huruf besar, tapi dengan huruf kecil, karena dialog kedua adalah bagian dari kalimat yang sama. 

Berikut ini beberapa contohnya:
·  “Aku ingin tahu apa isi hatinya,” Andi berkata, “tetapi aku malu menanyakan hal itu padanya.”
·   “Aku rasa kamu tak perlu merasa seperti itu,” kata Joni, “yang kamu lakukan hanya bertanya padanya, dan biarlah dia menjawabnya.”
·   “Aku tidak bisa ….” Andi menjawab, “mengucapkan sepatah kata pun di hadapannya.”


Selengkapnya pelajari Panduan Rahasia Edit Naskah yang berisi seluruh panduan lengkap tentang cara mengedit naskah dengan cepat dan tepat di www.editnaskah.com

Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Related Posts

loading...
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments