Teknik-teknik Rahasia Edit Naskah

12/11/2017
Mungkin Anda penasaran bagaimana caranya para editor bisa mengedit naskah dengan cepat dan tepat, tanpa banyak kesalahan.

Berikut ini kami informasikan teknik-teknik rahasia edit naskah yang biasa dipakai para editor naskah:

  • Cara Melacak Perubahan yang dilakukan saat Mengedit Naskah dengan Otomatis

Saat mengedit naskah, kita bisa melihat detail apa saja yang sudah kita ubah. Apakah kita sudah mengubah suatu kata, menghapus, menambahkan, memformat, dan lain sebagainya. Infonya muncul secara otomatis di sebelah kanan (seperti pada gambar di bawah)


Lalu, nanti kita bisa melihat jenis perubahan apa saja yang sudah kita lakukan dan jumlah masing-masing jenis perubahan di naskah tersebut. Seperti gambar berikut


Sehingga kita bisa mengontrol setiap proses edit naskah yang kita kerjakan.

  • Cara Memberikan Komentar pada Bagian Naskah

Kita bisa mengomentari bagian tertentu dari naskah langsung di naskahnya. Sehingga penulis dan editor bisa saling bertanya, memberi keterangan, dan mengetahui tentang maksud dari suatu bagian di naskah tersebut.

  • Teknik Membaca Cepat dan Melihat Kesalahan dengan Cepat

Di Panduan ini juga dibahas bagaimana caranya membaca dan melihat kesalahan dengan cepat saat mengedit naskah.

  • Cara Mengedit Ratusan Kesalahan dalam Hitungan Detik

Kalau kamu menemukan puluhan atau ratusan kesalahan yang sama pada kata tertentu atau tanda baca tertentu di naskah, bisa diedit hanya dalam beberapa detik saja.

Ada teknik dan caranya bagaimana mengedit puluhan atau ratusan kesalahan sekaligus tapi tidak mengubah kata atau tanda baca yang sama yang penulisannya sudah benar.

Misalnya di naskah semua penulisan kata "nasib" banyak yang salah, jadi malah ditulis "nasip". Tapi ada juga yang sudah benar. Bagian yang salah tersebut bisa diubah sekaligus walaupun ada puluhan atau ratusan sekalipun.

Begitu juga misalnya ada kata yang seharusnya huruf depannya memakai huruf besar, atau ada tanda baca yang ditulis dengan spasi yang seharusnya tanpa spasi setelah akhir kalimat. Semua bisa diubah sekaligus dalam hitungan detik.

  • Menandai Bagian Naskah yang Penulisannya Masih Lemah dan Membuatnya Lebih Enak dibaca
Untuk mengedit naskah, agar lebih cepat, sebaiknya bagian naskah yang masih lemah ditandai terlebih dahulu sebelum diedit. 

  • Membuat Catatan Kaki
Catatan kaki dipakai apabila ada kata atau kalimat yang ingin dijelaskan kepada pembaca. Misal kata tersebut berasal dari bahasa asing, atau kata tersebut tidak umum dan kata atau kalimat tersebut harus dijelaskan ke pembaca. Contohnya seperti di bawah ini,


  • Merapikan Naskah dengan Pemenggalan kata

Kalau kita perhatikan dengan rinci di naskah akan ada spasi antar kata yang lebih renggang dari yang lain jika kita memilih paragraf justify. Contohnya seperti di bawah ini:


Kita bisa rapikan bagian yang masih renggang dengan memenggal kata-kata yang panjang. Cara ini tidak perlu kita lakukan satu per satu. Karena kita bisa lakukan dengan otomatis. Nanti hasilnya akan seperti ini:


  • Cara Praktis Membandingkan File Awal dan File yang Telah direvisi 

Kita bisa membandingkan naskah yang sudah kita edit dan naskah yang belum kita edit dan melihat apa saja yang sudah kita edit.Kita juga bisa membandingkan naskah yang diedit oleh 2 editor yang berbeda dan melihat apa saja perubahannya.

Seperti di gambar berikut ini:


Cara dan penjelasannya, juga dibahas di panduan ini.
  • Cara Menggabungkan Dua File yang direvisi oleh Editor Berbeda dalam Hitungan Detik
Kita bisa menggabungkan 2 naskah yang sudah diedit oleh editor yang berbeda dalam hitungan detik saja.


Perhatikan gambar di bagian kanan. Ada perubahan yang ditandai dengan berwarna biru dan perubahan yang ditandai dengan yang berwarna merah. Itu adalah 2 perubahan oleh editor yang berbeda dari 2 file yang berbeda.

Kita bisa gabungkan dan melihat perubahan yang telah dilakukan secara detail.

  • Cara Self Editing yang Membuat Naskah Jauh Lebih Bagus
Jika Anda ingin menerbitkan buku dan telah selesai menulis, sebaiknya jangan langsung mengirim naskah Anda ke penerbit. Tapi lakukan-lah self editing. 


=======================
Itulah teknik-teknik rahasia edit naskah yang dipakai editor naskah. 
Semua teknik-teknik edit naskah dan ilmu-ilmu lainnya tentang edit naskah bisa dipelajari di Panduan Rahasia Edit Naskah yang bisa didapatkan di www.editnaskah.com


Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!


202 Panduan & template layout buku >> cek www.layoutbuku.com

Panduan Rahasia Edit Naskah >> cek www.editnaskah.com

137 Template & panduan desain cover >> cek www.powercover.rasibook.com

Lihat Cara Menerbitkan Buku di Rasibook >> http://www.rasibook.com/p/paket-penerbitan.html

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments