Cara Menulis Artikel Online yang nyaman dibaca

2/07/2016

Saat ini, bahan bacaan bukan hanya tersedia di media yang sifatnya cetak seperti buku, majalah, atau surat kabar. Tapi juga melalui media online seperti blog atau website.

Saat membaca melalui media cetak, tentu berbeda ketika kita membaca melalui media online. Membaca melalui media online lebih membuat mata cepat lelah dibandingkan membaca di media cetak.

Karena itu, ada beberapa cara yang harus diperhatikan dalam menulis artikel online agar nyaman bagi pembaca. Berikut di antaranya:

1. Buat Konten Artikel yang Menarik


Hal yang paling utama tentu konten artikelnya harus menarik. Karena jika konten artikelnya tidak menarik, pembaca tentu tidak akan merasa nyaman membaca artikel tersebut.

Kita harus bisa membuat artikel yang materinya dibutuhkan pembaca, dari awal artikel itu ditulis sampai akhir.

Saat membuat konten artikel, kita harus tau target pembacanya. Apakah anak-anak, remaja, atau dewasa, atau juga semua umur. Tentunya target pembaca akan menentukan pemilihan kata dan bahasa seperti apa pada artikel yang akan kita buat.

Jika artikelnya ditujukan untuk anak-anak, tentu bahasanya lebih untuk anak-anak dengan bahasa yang mudah dimengerti. Jika target pembacanya adalah remaja bisa mengguankan bahasa yang agak gaul, dan lain sebagainya.

Untuk membuat konten artikel yang menarik, kita harus bisa juga membuat pembaca terus merasa penasaran dan ingin tau tentang apa yang ada di artilel tersebut. Silakan baca juga cara membuat pembaca penasaran.

2. Gunakan jenis huruf dan ukuran huruf yang sesuai

Banner, Header, Abc, Alfabet, Surat

Agar pembaca merasa nyaman, ukuran dan jenis font atau huruf yang digunakan harus juga nyaman buat pembaca. Utamanya tidak terlalu kecil.

Karena mungkin banyak juga artikel online baik itu blog atau website yang ukuran hurufnya kecil sehingga membuat mata harus berkonsentrasi ekstra saat membacanya.

Tulisan yang ada di artikel ini, mungkin sudah cukup.untuk membuat pembaca nyaman.

3. Buat Paragraf yang pendek

Kurcaci, Angka Angka, Dekorasi, Miniatur

Saat kita menulis artikel di media online baik itu blog atau website, sebaiknya paragraf yang dibuat jangan paragraf yang panjang. Karena paragraf panjang cepat membuat mata lelah saat membacanya.

Tidak usah terlalu memerhatikan aturan pembuatan paragraf pada umumnya. Anda bisa pisahkan atau buat paragraf baru setiap sekitar tiga kalimat atau tiga baris saja. Sehingga mata pembaca tidak cepat lelah. Terutama jika materi di artikel tersebut cukup panjang.

4. Utamakan buat beberapa poin

Kubus, Membayar, Poin, Craps, Bermain

Artikel yang dibuat beberapa poin pada pembahasannya lebih membuat nyaman pembaca. Contohnya di artikel ini, dibuat beberapa poin tentang cara menulis artikel online yang nyaman dibaca.

Karena di setiap poin, disadari atau tidak, pembaca bisa mengistirahatkan matanya sepersekian detik agar tidak mudah lelah.

Anda juga bisa buat dengan tema yang lain. Misalkan Hal-hal yang harus diperhatikan saat kuliah, atau Cara-cara menguruskan badan, atau lain sebagainya.

5. Berikan gambar ilustrasi

Pelukis, Lukisan, Sikat, Menggambar

Gambar, bisa membuat sebuah artikel lebih nyaman dibaca. Karena mata tidak terlalu terus menerus fokus ke tulisan. Di sisi lain, gambar pun bisa memberikan banyak informasi. 

Kita bisa buat satu gambar yang mewakili artikel tersebut yang ditempatkan di bagian atas. Atau lebih baik juga kita tempatkan gambar ilustrasi di beberapa poin yang kita bahas dalam artikel tersebut. Contohnya pada artikel ini.


Itulah beberapa cara menulis artikel online yang nyaman dibaca. Anda bisa membuat artikel online di blog atau website dengan cara yang diuraikan di atas.

Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Rasibook merupakan penerbit yang bisa menerbitkan karya Anda menjadi buku. 

Kami ingin meningkatkan minat baca dan semangat menulis di kalangan masyarakat. Terutama para penulis pemula untuk selalu semangat berkarya dan menerbitkan karya-karyanya. 

Melayout buku dengan mudah dan cepat >> cek www.layoutbuku.com

Lihat Cara Menerbitkan Buku di Rasibook >> http://www.rasibook.com/p/paket-penerbitan.html

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments