Beberapa Penulis yang Menulis dari Pengalaman

7/07/2014
ketika kita binngung mau nulis apa, dan belum dapat ide. Cobalah pikirkan pengalaman temen-teman yang menarik. Siapa tau bisa dijadikan bahan dalam membuat tulisan. Karena banyak penulis yang sukses menerbitkan karya-karyanya yang berasal dari pengalaman. Walaupun ada juga di antara karya mereka berupa pengalaman yang didramatisir dan banyak ditambahkan.

Tapi apa pun itu, berikut beberapa penulis sukses yang menuliskan karyanya berasal dari pengalaman

1. Andrea Hirata

Andrea Hirata merupakan penulis yang sangat sukses dengan karyanya Tetralogi Laskar Pelangi. Novel itu terinspirasi dari pengalaman hidupnya saat menempuh pendidikan. Dari mulai sekolah di SD yang sangat memprihatinkan sampai bisa menuntut ilmu di luar negeri.

Dalam novel-novel karyanya memang banyak yang didramatisir, dan banyak pula yang menjadi pertanyaan. Misalkan apakah tokoh Lintang dan Arai benar-benar ada? Tapi yang pasti apapun itu, novel itu telah menjadi karya yang menginspirasi banyak orang.


2. Raditya Dika

Awalnya Raditya Dika senang menuliskan pengalaman lucunya di blog. Di antaranya pengalaman sialnya saat sekolah, kuliah, dan lain sebagainya. Kemudian ia mengirimkan naskahnya ke penerbit. Awalnya memang naskahnya selalu ditolak penerbit. Terlebih jenis karya tersebut tergolong baru pada saat itu. Akhirnya ada juga penerbit yang mau menerbitkan naskahnya walaupun ia harus presentasi dulu untuk meyakinkan penerbit.

Ketika awal bukunya terbit, sebenarnya bukunya tidak begitu laku. Tapi ia gencar melakukan promosi. Salah satu di antarnya dengan menyuruh pembaca untuk berfoto dengan bukunya dan menguploadnya di media sosial.

Kini buku-bukunya menjadi buku yang laris dipasaran, bahkan difilmkan. Ia pun menjadi pemerannya di film-film tersebut.

3. A. Fuadi

A. Fuadi merupakan penulis yang menulis buku Negeri 5 Menara. Ia menuliskan pengalamannya saat sekolah di madrasah hingga bisa sukses bekerja di luar negeri sebagai jurnalis. Awalnya ia sebenarnya tak ingin masuk madrasah. Awalnya ia ingin sekolah di SMA dan kuliah di ITB. Akan tetapi orang tuanya mengarahkannya untuk bersekolah di madrasah. Dan justru itulah ternyata yang terbaik buat hidupnya

Setelah Negeri 5 Menara, ia juga menulis Ranah Tiga Warna. Novel Negeri 5 Menara pun telah difilmkan.

 

4. Donny Dhirgantoro

Donny Dhirgantoro menjadi penulis sukses dengan karyanya yang berjudul 5 cm. Di buku tersebut ia menceritakan pengalamannya beserta para sahabatnya saat menaiki gunung Semeru. Lima sahabat itu merasa bosan tiap hari bertemu dan hanya mengerjakan itu-itu saja. Kemudian mereka memutuskan untuk tidak bertemu selama jangka waktu tertentu. Dan berjanji akan bertemu kembali pada tanggal yang telah ditetapkan. Pada saat itulah mereka memulai petualangannya menaiki gunung Semeru

Novel tersebut juga sukses difilmkan.



Nah, tentu penulis-penulis di atas sudah Anda kenal kan? Sekarang coba pikirkan pengalaman apa saja yang bisa Anda jadikan karya?

Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Sekarang fokus di dunia tulis menulis dengan mendirikan CV. Rasi Terbit atau penerbit buku rasibook.

Hobi main futsal atau sepak bola, hobi juga nulis tentunya. Nulis blog juga di banguninspirasi.com, Literasi.net,  dan beberapa blog lainnya

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
1 Comments

1 komentar:

Write komentar
27 Oktober, 2014 15:51 delete

semoga aku bisa menjadi penulis seperti mereka. mereka hebat :)

Reply
avatar