Yang Perlu dilakukan Penulis Setelah Bukunya Terbit

Rival Ardiles 7/07/2014

Setiap penulis pasti menginginkan bukunya terbit di sebuah penerbit. Nah, jika bukunya telah terbit lantas apa yang dilakukan penulis?

Berikut adalah hal yang perlu dilakukan penulis setelah bukunya terbit:

1. Membantu Mempromosikan Bukunya

Tentu setelah buku terbit tidak ada jaminan bahwa buku tersebut laris di pasaran. Penulis juga perlu membantu mempromosikan karyanya. Misalkan melalui social media ataupun seminar, bedah buku, dan lain sebagainya. Hal ini tidak wajib memang. Tapi tentu akan memberikan nilai tambah bagi penjualan bukunya. Seperti yang dilakukan Raditya Dika misalnya.

Pada saat pertama kali bukunya terbit, ternyata bukunya Raditya Dika tidak terlalu laku di pasaran. Kemudian ia gencar berpromosi. Salah satu di antaranya dengan menyuruh pembacanya berfoto dengan bukunya dan menguploadnya di social media.

Hingga kini buku-bukunya Raditya Dika selalu laris di pasaran.

2. Perbaiki Naskah Buku tersebut

Setelah bukunya terjual dan dibaca banyak orang, tentu ada kritik dari pembaca. Jika dalam buku itu terdapat kesalahan atau sesuatu yang kurang tentu sebagai penulis harus memperbaikinya agar di cetakan berikutnya bukunya lebih baik lagi.

3. Terus Berkarya

Seorang penulis tentu bukan hanya menerbitkan 1 buku kemudian berhenti berkarya. Tapi seorang penulis sejati terus menghasilkan karya walaupun namanya telah melambung dan telah mendapatkan royalty yang melimpah sekalipun.


Jika Anda ingin menerbitkan buku, silakan terbitkan karya Anda di Rasibook.com

Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Related Posts

loading...
Previous
Next Post »
Comments
1 Comments

1 komentar:

Write komentar
28 Oktober, 2014 00:49 delete

bener banget...saya bisa nulis, tapi kurang bisa promosi nih... :)

Reply
avatar