Tips Disiplin Menulis, Lakukan 4 Hal Berikut

11/15/2013
Gadis, Wanita, Mengetik, Menulis, Blogger, Blogging

Pernahkah ketika Anda punya ide, kemudian mulai menulis tapi Anda selalu menunda menyelesaikan tulisan tersebut. Entah karena kesibukan lain atau karena kebiasaan menunda-nunda. Pasti pernah bukan?  

Berikut adalah tips agar disiplin dalam mulai menulis dan menyelesaikan tulisan:



> Buat kerangka tulisan


Untuk penulis yang telah biasa menulis, biasanya kerangkanya hanya di dalam pikiran saja, tapi ada juga yang menuliskan kerangka tersebut. Hal ini perlu agar tulisan memiliki arah dan target. Ke mana arah tulisan saat di mulai, pertengahan, dan sampai tulisan itu selesai.


> Buat target

Permainan Anak Panah, Target



Buat target kapan anda akan menyelesaikan tulisan Anda. Jika perlu buat tabelnya berapa halaman per hari rencana Anda dan tuliskan faktanya di sampingnya berapa halaman yang bisa Anda selesaikan di hari tersebut. Jika yang sering mengikuti lomba-lomba dengan dead line tertentu pasti sudah terbiasa.

Dengan cara ini Anda bisa memantau setiap harinya apakah selalu kurang dari target atau lebih dari target. Jika di suatu hari kurang dari target karena kesibukan dan lain sebagainya, maka di hari berikutnya harus lebih banyak yang melebihi target. Agar tulisan tersebut selesai tepat waktu.



> Fokus

Bola, Biner, Kaca Pembesar, Tangan, Http



Fokus pada target yang Anda buat, jangan tergoda oleh godaan-godaan yang membuat Anda menunda menyelesaikan tulisan Anda. Hindari hal-hal yang mampu membuat Anda tergoda untuk menunda menyelesaikan tulisan. Misalkan saat kita menulis di komputer, tak usah nyalakan internet, atau tak usah buka file lainnya terlebih dahulu. Fokus dengan menulis dan menyelesaikannya.


> Reward & punishment

Palu, Buku, Hukum, Pengadilan, Pengacara



Untuk memotivasi dan juga membuat Anda bisa menyelesaikan tulisan Anda sesuai target atau melebihi target, Anda juga bisa memberi hadiah pada diri Anda sendiri jika bisa mencapai target atau melebihi target, dan Anda juga bisa memberi hukuman pada diri sendiri jika sebaliknya yang terjadi.

Bagaimana denganmu? Apakah pernah menerapkan hal di atas? Atau punya tips lain? 

=================================


Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Sekarang fokus di dunia tulis menulis dengan mendirikan CV. Rasi Terbit atau penerbit buku rasibook.

Hobi main futsal atau sepak bola, hobi juga nulis tentunya. Nulis blog juga di banguninspirasi.com, Literasi.net,  dan beberapa blog lainnya

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments