6 Langkah atau Proses Membuat Desain Cover Buku dengan Mudah dan Cepat

6/08/2022


Cover buku adalah sesuatu yang sangat penting dari sebuah buku. Cover buku adalah hal yang pertama dilihat sebelum pembaca membaca isi buku tersebut.

Lalu bagaimana cara atau langkah cover buku diproses?

1. Perhatikan judul dan jenis buku

Judul buku dan jenis buku sangat menentukan seperti apakah cover buku tersebut akan dibuat. Selain itu jenis buku termasuk genrenya juga menentukan. 

2. Tentukan pilihan warna cover

Setelah memperhatikan judul buku beserta jenis bukunya, lalu kamu bisa mencari inspirasi tentang pilihan warna cover seperti apa yang akan dibuat. Tentunya disesuaikan dengan judul dan jenis buku tersebut. Misalnya jika bukunya tentang horor, biasanya warna bukunya adalah warna gelap seperti warna hitam, dll. 

3. Tentukan ukuran cover buku

Ukuran cover buku tentu ditentukan berdasarkan ukuran buku yang nantinya akan dicetak. Juga ketebalan punggung buku. Jadi, ukuran cover buku meliputi cover depan, punggung buku, dan cover belakang.

4. Tentukan desain cover

Tentukan desain cover seperti apa yang akan dibuat. Apakah desainnya lebih banyak didominasi teks judul, apakah menggunakan foto sesuai judul, atau bisa juga menggunakan gambar animasi.

5. Tentukan software desain cover

Untuk membuat desain cover ada beberapa software yang bisa digunakan. Bisa menggunakan corel draw, Photoshop, atau beberapa software desain. Tapi ternyata ada yang lebih mudah dan cepat, karena bisa juga hanya menggunakan Ms. Power Point. Contohnya seperti berikut ini:

Sudah ada template dan panduannya. Silakan lihat di www.powercover.rasibook.com

6. Buat desain dan terus revisi

Setelah menentukan software desain, lalu mulailah  mendesain sesuai dengan desain cover yang kita rencanakan. Setelah selesai, terus perbaiki sampai hasilnya memuaskan. Kita juga bisa membuat beberapa opsi sebelum akhirnya memilih desain terbaik untuk cover buku yang kita buat.


Itulah 6 cara atau Proses membuat desain cover buku dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat

Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Related Posts

loading...
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments