Penulisan yang Benar Kata "Tanggung Jawab" atau "Tanggungjawab"? Disambung atau Tidak?

8/07/2018

Sobat Literasi, Mungkin kamu sering menemukan kata "tanggung jawab", tapi di sisi lain mungkin juga kamu sering menemukan kata tersebut penulisannya disambung, yaitu "tanggungjawab". Sebenarnya yang mana penulisan yang benar? Dipisah apa disambung, menggunakan spasi atau tidak? Ini Jawabannya:

Penulisan yang benar adalah dipisah, atau menggunakan spasi. Jadi yang benar adalah "tanggung jawab", bukan "tanggungjawab"

Dalam KBBI (kamus Besar Bahasa Indonesia), kata "tanggung jawab" artinya adalah 1 keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dsb): 2 Huk fungsi menerima pembebanan, sbg akibat sikap pihak sendiri atau pihak lain;

Berikut contoh kalimatnya:
- Pemogokan itu menjadi tanggung jawab pemimpin serikat buruh;
- Jika terjadi apa-apa, siapa yang bertanggung jawab?

Tetapi jika bentuk dasar yang berupa gabungan kata mendapat awalan dan akhiran sekaligus, unsur gabungan kata itu ditulis serangkai. Artinya pada kata "tanggung jawab" bisa ditulis serangkai jika mendapatkan awalan dan akhiran. Misalnya pada kata "mempertanggungjawabkan", atau juga "pertanggungjawaban". 

Berikut contoh kalimatnya:
- Korban kecelakaan itu meminta pertanggungjawaban dari pelaku.
- Pelaku itu siap mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Itulah cara penulisan kata "tanggung jawab" yang benar, beserta arti katanya dan contoh kalimatnya.

Pelajari cara penulisan lainnya serta teknik edit naskah di Panduan Rahasia Edit Naskah yang bisa didapatkan di www.editnaskah.com


Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Related Posts

loading...
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments