Jenis-jenis Buku

Rival Ardiles 2/07/2014

Hal pertama di Langkah-langkah menulis buku tentu menentukan buku jenis apa yang akan anda tulis. Ada banyak jenis buku yang dapat anda tulis. Berikut beberapa jenis-jenis buku:

> Novel

  Novel merupakan karya fiksi berupa cerita yang saling berkaitan dalam buku tersebut. Panjangnya lebih panjang dari 40.000 kata.
   Novel sendiri dibagi-bagi lagi dalam beberapa genre. Silakan baca macam-macam genre Novel.

> Komik

  Komik adalah suatu buku yang berisi gambar-gambar tidak bergerak yang diisi dialog atau kata-kata di dalamnya untuk menceritakan cerita yang dimaksud.

> Antologi (kumpulan)

  Buku antologi terdiri dari kumpulan-kumpulan tulisan yang tidak berkaitan. Namun masih satu jenis tulisan dan biasanya juga satu tema.

  Antologi biasanya berupa kumpulan cerpen, kumpulan puisi, kumpulan esai, dan lain sebagainya. Dari masing-masing jenis tersebut dibagi lagi menjadi beberapa jenis.

> Biografi

  Biografi merupakan buku yang berisi kisah hidup seseorang. Biasanya biografi dibuat oleh orang-orang populer atau orang yang berpengaruh.

> Dongeng

  Dongeng merupakan buku yang berisi kisah fiktif yang berasal dari khayalan dan imajinasi. Biasanya dongeng adalah sesuatu yang mustahil dalam dunia nyata.

> Novelet

  Novelet merupakan cerita yang terlalu pendek untuk disebut Novel, namun juga terlalu panjang untuk disebut Cerpen. Biansanya berkisar antara 40-50 halaman.

> Catatan hairan (jurnal/diary)

  Catatan harian adalah buku yang dibuat dari catatan harian atau jurnal atau diary yang ditulis.

> Karya ilmiah

  Karya ilmiah adalah buku yang berupa laporan dari suatu penelitian atau percobaan dan sebagainya.

> Kamus

  Kamus adalah buku acuan untuk mengalihkan dari bahasa yang satu ke bahasa yang lainnya. Atau untuk memberikan penjelasan dari kata-kata dalam suatu bahasa.

> Panduan

  Panduan adalah buku yang berisi panduan atau tata cara mengenai hal-hal tertentu.


Itulah jenis-jenis buku. Tentu selain yang disebutkan di atas masih ada beberapa lagi jenis-jenis buku yang disebutkan.

Tapi dari jenis-jenis buku di atas anda bisa mulai memikirkan untuk membuat jenis buku yang mana. Setelah itu baca langkah-langkah menulis buku.

Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Related Posts

loading...
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments