Recent Posts

Penulisan Tanda Garis Miring (/) yang Benar. Pakai Spasi atau Tidak? Ini Jawabannya

10/17/2017 Add Comment

Tentu Anda sudah tahu penggunaan garis miring (/). Biasanya digunakan untuk menggantikan kata "atau" pada kalimat. Bisa juga untuk beberapa fungsi lainnya.

Tapi mungkin sering kita menemukan penulisan yang salah pada penggunaan tanda garis miring (/). Lalu, bagaimana penggunaan garis miring yang salah dan yang benar? Apakah menggunakan spasi pada kata sebelum dan sesudahnya atau tidak. Atau seperti tanda baca lainnya yang menggunakan spasi hanya pada kata setelahnya sedangkan sebelumnya tidak menggunakan spasi?

Nah, biasanya sering juga kita temukan penggunaan tanda garis miring dengan menggunakan spasi baik sebelum maupun setelah kata lainnya. Contohnya pada kalimat berikut ini.

Ia  ingin menjadi anggota DPR / MPR suatu saat nanti.

Itu adalah penggunaan tanda garis miring yang salah. Yang benar untuk penggunaan tanda garis miring (/) adalah tanpa spasi baik dengan kata sebelumnya maupun dengan kata setelahnya. Jadi, contoh kalimat yang benar adalah:

Ia  ingin menjadi anggota DPR/MPR suatu saat nanti.

Itulah cara yang benar untuk menggunakan tanda garis miring (/). Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan share ke media sosial

Penulisan kata “dari” yang benar pakai spasi atau tidak? Ini jawabannya

10/11/2017 Add Comment

Kata "dari" biasanya menunjukkan tempat atau waktu yang diikuti kata keterangan tempat atau kata keterangan waktu.

Lalu bagaimana cara penulisan kata "dari" yang benar? Apakah menggunakan spasi yang dipisah dengan kata setelahnya, atau tanpa spasi, yaitu disatukan dengan kata setelahnya?

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa "dari" biasanya diikuti kata keterangan tempat atau waktu. Artinya kata "dari" berfungsi sebagai kata depan, bukan imbuhan atau awalan. Maka penulisannya dipisah atau menggunakan spasi yang diikuti dengan kata keterangan setelahnya.

Contohnya sebagai berikut:

- "Ayah baru pulang dari Jakarta"
- "Ia sudah menunggu dari pagi"
- "Dari mana saja kamu ini?"  

Tapi, tidak semua penulisan kata "dari" dipisah menggunakan spasi dengan kata setelahnya. Pada gabungan kata yang sudah lazim seperti kata “daripada”, penulisannya disatukan. 

Contohnya pada kalimat berikut ini:

- "Daripada ke Pangandaran, lebih baik kita liburan ke Bali."
- "Aku lebih memilih belajar daripada bermain."
- "Sepertinya hari ini lebih baik daripada kemarin."

Biasanya, kata "daripada" menunjukkan perbandingan atau pilihan.

Itulah penulisan kata dari yang benar, yaitu menggunakan spasi atau dipisah dari kata setelahnya kecuali untuk gabungan kata yang sudah lazim seperti kata "daripada".

Masih banyak ilmu yang harus dipelajari tentang penulisan dan edit naskah. Silakan pelajari Panduan Rahasia Edit Naskah di www.editnaskah.com


Penulisan partikel "pun" yang benar disambung atau dipisah? Ini jawabannya

10/10/2017 Add Comment

Di naskah mungkin Anda sering menemukan kata "pun". "Pun" adalah salah satu partikel dalam kalimat yang biasanya terletak setelah sebuah kata.

Namun yang mungkin Anda menemukan partikel "pun" yang disambung dengan suatu kata atau tanpa spasi, tapi di sisi lain Anda juga menemukan partikel "pun" yang dipisah dari suatu kata atau dengan spasi. Lalu yang mana penulisan "pun" yang benar? Apakah menggunakan spasi atau dipisah atau tanpa menggunakan spasi atau disambung dari suatu kata? 

Berikut ini adalah cara penulisan partikel "pun" yang benar":

1. Partikel pun ditulis terpisah dari kata yang mendahuluinya.

Misalnya:
- Apa pun permasalahannya, dia dapat mengatasinya dengan bijaksana.
- Hendak pulang tengah malam pun sudah ada kendaraan.
- Jangankan dua kali, satu kali pun engkau belum pernah datang ke rumahku.
- Jika Ayah membaca di teras, Adik pun membaca di tempat itu.


2. Partikel pun pada gabungan yang lazim dianggap padu ditulis serangkai dengan kata yang mendahuluinya.

Kata-kata yang dianggap lazim untuk digabungkan dengan partikel "pun" antara lain: Adapun, bagaimanapun, walaupun, maupun, sekalipun, meskipun. 

Berikut contoh kalimatnya:
- Adapun sebab-sebabnya belum diketahui.
- Bagaimanapun juga, tugas itu akan diselesaikannya.
- Baik laki-laki maupun perempuan ikut berdemonstrasi.
- Sekalipun belum selesai, hasil pekerjaannya dapat dijadikan pegangan.
- Walaupun sederhana, rumah itu tampak asri.

Masih banyak sekali ilmu yang perlu dipelajari dan juga dipraktekkan dalam menulis dan mengedit naskah.

Sekarang, ada Panduan yang berisi informasi tentang ilmu edit naskah dari mulai pengetahuan dasar tentang edit naskah, pedoman eyd lengkap, kata baku dan tidak baku, dan yang paling penting ada juga teknik rahasia edit naskah.

Di bagian teknik rahasia edit naskah berisi informasi tentang bagaimana mengedit naskah dengan lebih cepat dan tepat.

Tentang panduan tersebut bisa dipelajari di www.editnaskah.com

Penulisan Tanda baca menggunakan spasi atau tidak? Ini jawabannya

10/09/2017 Add Comment

Biasanya banyak penulisan tanda baca yang salah ditemukan di naskah penulis. Yaitu setelah dan sebelum tanda baca menggunakan spasi. Seperti pada contoh berikut ini:

Mau ke mana ? Saya minta kamu jangan pergi !

Lalu, bagaimana penulisan tanda baca yang benar? Apakah penulisannya menggunakan spasi atau tidak?

Penulisan tanda baca yang benar tidak dipisahkan (tanpa spasi) dari kata di belakangnya. Baik itu tanda tanya (?), tanda seru (!), tanda titik (.), tanda koma (,), dan lain sebagainya.

Sementara setelah tanda baca, dipisahkan (dengan spasi) dari kata di depannya. Jadi untuk contoh di atas yang benar seharusnya begini:

Mau ke mana? Saya minta kamu jangan pergi!

Itulah cara penulisan tanda baca yang benar, yaitu tanpa menggunakan spasi dari kata sebelumnya dan menggunakan spasi setelah kata di depannya.

Untuk lebih jelasnya tentang cara penulisan tanda baca dan juga berbagai ilmu dan teknik-teknik penulisan dan edit naskah, silakan baca Panduan Rahasia Edit Naskah yang bisa didapatkan di www.editnaskah.com

Semoga bermanfaat. Silakan share untuk menyebarkan manfaat ini.

Video Cara format desain cover buku dari power point ke jpg

9/13/2017 Add Comment
Membuat desain cover buku ternyata bisa menggunakan power point. Setelah desain jadi, lalu ubah formatnya ke jpg. Berikut cara format desain cover buku dari power point ke jpg



Info tentang cara mudah membuat desain cover buku dengan power point dan dapatkan ratusan template desain cover buku di http://www.powercover.rasibook.com

Video Cara setting cetak naskah buku file pdf

9/12/2017 Add Comment
Berikut cara setting naskah sebelum dicetak

Untuk membuat layout buku, bisa hanya dengan copy paste naskah dan sesuaikan pada template Super Layouter yang bisa didapatkan melalui http://www.layoutbuku.com

Video Cara convert atau mengubah naskah Ms word ke pdf

9/12/2017 Add Comment
Berikut cara mengubah naskah file word ke pdf

Untuk membuat layout buku, bisa hanya dengan copy paste naskah dan sesuaikan pada template Super Layouter yang bisa didapatkan melalui http://www.layoutbuku.com

Menulis

Tips menulis