5 Hal Penting dalam Pentas Drama

2/13/2019

Pementasan drama adalah seni pertunjukan yang menyajikan tontonan cerita yang diperankan oleh aktor dengan karakter-karakter tertentu sesuai peran dan wataknya masing-masing dalam cerita drama tersebut.

Ada 5 hal penting yang harus diperhatikan dalam pementasan drama

1. Latar
Latar atau setting dalam pementasan drama adalah tempat yang dipakai untuk pementasan drama, yang berfungsi untuk memberi gambaran tentang waktu dan suasana cerita drama tersebut.

Ketepatan latar dengan cerita drama sangat penting. Jadi pembuatan  panggung harus disajikan secara proporsional.

2. Aktor
Aktor harus mampu memerankan tokoh cerita dalam drama sesuai dengan peran dan karakter yang dibutuhkan dari cerita drama. Jadi, aktor harus mampu berperan dengan baik, baik dari segi karakter maupun dialog dengan tokoh-tokoh lain dalam seni drama tersebut. 

3. Kostum
Kostum atau pakaian yang dikenakan aktor pada pentas drama merupakan  penunjang karakter pemain dalam memerankan tokoh cerita. Kostum atau pakaian yang dikenakan aktor juga bisa menggambarkan kurun waktu kejadian cerita pada drama tersebut

4. Tata rias/make up
Tata rias aktor atau pemain pemain drama turut membantu aktor atau pemain dalam memerankan karakter tokoh cerita pada drama tersebut.

5. Musik
Musik yang disajikan pada pagelaran drama juga harus tepat, karena muski berfungsi untuk membangun suasana sesuai cerita dan latar drama. Misalkan ketika suasana mencekam, senang, marah, dan lain sebagainya, tentu musiknya harus tepat.

Itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pementasan drama.


Pelajari aturan penulisan lainnya serta ilmu dan teknik-teknik rahasia edit naskah di www.editnaskah.com 


Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Related Posts

loading...
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments