3 Langkah Cara Membuat Bagian Cerita Fiksi

2/03/2019

Pada umumnya, cerita fiksi terdiri dari 3 bagian. Dan 3 bagian tersebut menjadi langkah atau cara dalam membuat cerita fiksi. Baik itu berupa cerpen, novel, fabel, dongeng, dan lain sebagainya.

Berikut adalah 3 langkah atau bagian dari cerita fiksi:

1. Orientasi (Mengenalkan latar, tokoh)
    Pada bagian ini, penulis menceritakan mengenai latar cerita yang ia buat baik dari segi tempat dan waktu kejadian. Selain itu tokoh-tokoh yang ada pada cerita tersebut serta wataknya juga diceritakan di bagian ini. 

Jadi, langkah pertama yang dilakukan saat menulis cerita fiksi adalah menentukan latar waktu dan tempat kejadian dari cerita yang ingin kamu buat, selain itu juga tentukan tokoh-tokohnya beserta wataknya. Bagilah peran dari tokoh tersebut tokoh mana yang menjadi pemeran utama dan yang mana yang jadi pemeran lainnya.

2. Komplikasi (timbul masalah hingga memuncak)
    Pada bagian ini mulai diceritakan permasalahan yang terjadi antara tokoh yang terdapat di cerita tersebut. Permasalahan tersebut diceritakan hingga memuncak.

3. Resolusi (penyelesaian masalah)
    Bagian ini diceritakan solusi atau akhir dari masalah yang telah memuncak tadi. Bagian ini diceritakan hingga cerita berakhir.

Itulah 3 langkah atau bagian dari cerita fiksi yang merupakan cara membuat cerita fiksi.


Pelajari aturan penulisan lainnya serta ilmu dan teknik-teknik rahasia edit naskah di www.editnaskah.com



Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Related Posts

loading...
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments