Cara Membuat Sinopsis atau blurb yang Menarik

5/14/2017

Setelah calon pembaca melihat judul dan sub judul serta nama penulis di cover depan, mereka akan mencari informasi tentang buku yang membuat mereka mulai tertarik. Setelah melihat bagian depan, mereka akan melihat bagian belakang. Di bagian belakang ini bisa diisi dengan sinopsis yang menarik agar orang yang mulai tertarik membeli buku Anda akhirnya benar-benar membeli.

Lalu bagaimana membuat sinopsis menarik yang dicantumkan di bagian belakang buku?
Sebelumnya perlu dipahami dulu bahwa sinopsis yang dikirimkan penulis pada editor di penerbit sebaiknya berbeda dengan sinopsis atau uraian singkat yang dicantumkan di bagian belakang cover buku. Uraian singkat yang dicantumkan di bagian belakang cover buku sebenarnya lebih tepat disebut blurb, bukan sinopsis biasa.

Perbedaannya adalah pada blurb atau uraian singkat di bagian belakang buku dibuat demi menarik orang untuk membeli dan membaca buku tersebut. Jadi, ada bagian cerita yang disembunyikan, yang membuat orang penasaran dan ingin membeli buku tersebut. Sedangkan sinopsis yang dikirimkan penulis ke editor di penerbit harus utuh, merupakan gambaran yang mewakili isi cerita atau isi buku tersebut. 

Untuk membuat blurb, atau sinopsis singkat yang tercantum di bagian belakang buku pada prinsipnya tidak jauh berbeda dengan cara membuat judul dan sub judul yang menarik. Hanya saja pada sinopsis atau blurb yang dicantumkan di belakang buku, kita bisa mengeksplor kalimat yang lebih panjang hingga beberapa paragraf. Sehingga lebih leluasa untuk menarik keinginan orang untuk membeli buku tersebut.

Lalu bagaimana prinsip-prinsip dalam membuat sinopsis atau blurb yang menarik serta contoh-contohnya? Silakan pelajari di  >> Jurus Menulis Buku Bernilai Jual


Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Rasibook merupakan penerbit yang bisa menerbitkan karya Anda menjadi buku. 

Kami ingin meningkatkan minat baca dan semangat menulis di kalangan masyarakat. Terutama para penulis pemula untuk selalu semangat berkarya dan menerbitkan karya-karyanya. 

Melayout buku dengan mudah dan cepat >> cek www.layoutbuku.com

Lihat Cara Menerbitkan Buku di Rasibook >> http://www.rasibook.com/p/paket-penerbitan.html

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments