3 Langkah Mendirikan Penerbit Buku nyaris tanpa modal

12/05/2016

Kalau kita sudah menyukai dunia buku pasti berkeinginan untuk bekerja di bidang yang berkaitan dengan buku, entah itu jadi penulis, editor, layouter, atau desainer cover buku.

Apalagi jika kita punya kesempatan untuk mendirikan penerbit buku. Tentu itu harapan banyak para pecinta buku. Tapi, banyak yang berpikir bahwa itu adalah hal yang sulit, butuh modal besar, dan lain sebagainya.

Kalau kita pikirkan, jika kita mendirikan penerbit buku lalu membuat PT, menyewa kantor, merekrut karyawan, dan lain sebagainya, tentu butuh biaya yang tentu tidak sedikit. Tapi kita bisa mulai dengan langkah-langkah yang lebih sederhana dan tidak terlalu membutuhkan banyak modal. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Mendirikan CV

Untuk mendirikan penerbit buku, bisa dimulai dengan mendirikan badan usaha berbentuk CV, tidak perlu langsung PT. Caranya kita tinggal datangi kantor notaris dan tanyakan info lengkapnya. Biasanya biayanya berbeda-beda mulai 1 juta hingga 5 juta, tergantung notarisnya.

Mendirikan CV ini penting karena syarat untuk mengajukan ISBN hanya boleh diajukan oleh penerbit yang telah berbedan usaha, baik PT maupun CV. Tapi jika Anda ingin hemat bisa saja sih mendirikan CV ini ditunda dulu. Jadi tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendirikan PT atau CV, tapi tentu tidak bisa mengajukan ISBN untuk buku terbitan penerbit Anda.

2. Kuasai proses menerbitkan buku

Sebelum mendirikan penerbit buku tentu kita harus menguasai proses menerbitkan buku yang meliputi proses edit naskah, layout buku, dan desain cover. Karena tentu jika merekrut editor naskah, layouter buku, dan desainer cover buku, kita harus memberikan gaji setiap bulannya.

Atau bisa juga menggunakan jasa freelance. Tapi tentu saja setiap kali ada pekerjaan edit naskah, layout buku, dan desain cover, Anda harus mengeluarkan biaya. Jika dana Anda terbatas, Anda harus bisa memprosesnya sendiri dengan cepat dan tepat. Yaitu mengedit naskah dengan cepat dan tepat, membuat layout buku dengan cepat dan menarik, serta membuat desain cover dengan cepat dan menarik.

Untuk mengedit naskah, kita bisa proses sendiri setelah kuasai ilmunya dari Panduan Rahasia Edit Naskah yang bisa didapatkan di www.editnaskah.com, lalu untuk membuat layout buku dengan cepat dan menarik kita bisa proses sendiri dari template dan panduan layout buku yang bisa didapatkan di www.layoutbuku.com

Sementara untuk membuat desain cover yang menarik dengan cepat kita bisa mengerjakannya sendiri menggunakan template dan panduan desain cover yang bisa didapatkan di www.powercover.rasibook.com

Hanya mengeluarkan sedikit biaya di awal dan seterusnya tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Jauh lebih hemat dibandingkan harus menggaji karyawan atau menggunakan jasa freelancer.

Untuk mendapatkan ketiganya selain melalui link di atas bisa juga kirim email ke penerbitrasibook@gmail.com dengan mengetik "mau panduan rahasia edit naskah, super layouter dan power cover". Nanti akan diinformasikan caranya.

3. Promosikan penerbit buku Anda

Anda bisa buat website atau blog gratisan untuk menampilkan info tentang penerbit buku Anda. Buat juga akun di sosial media untuk mempromosikan penerbit buku Anda.

Agar lebih banyak orang yang tau, Anda bisa mengadakan lomba menulis dan mempromosikannya di sosial media. Dengan begitu nantinya mulai ada penulis yang tertarik menerbitkan buku di penerbit Anda.

Itulah 3 langkah mendirikan penerbit buku nyaris tanpa modal. Selamat mencoba.

Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Rasibook merupakan penerbit yang bisa menerbitkan karya Anda menjadi buku. 

Kami ingin meningkatkan minat baca dan semangat menulis di kalangan masyarakat. Terutama para penulis pemula untuk selalu semangat berkarya dan menerbitkan karya-karyanya. 

Melayout buku dengan mudah dan cepat >> cek www.layoutbuku.com

Lihat Cara Menerbitkan Buku di Rasibook >> http://www.rasibook.com/p/paket-penerbitan.html

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments