4 Hal Penting Penggunaan Kamus Bahasa Indonesia bagi Penulis dan Editor

10/24/2016

Dalam mengedit naskah, mungkin juga kita temukan kata yang maknanya tidak kita mengerti. Dalam menulis pun kita harus banyak mengetahui perbendaharaan kata, terlebih kata-kata sastra atau kata yang berkaitan dengan keilmuan tertentu. 

Maka dari itu, penulis dan editor penting juga untuk menggunakan kamus Bahasa Indonesia. 

Ada 4 hal yang bisa dimanfaatkan dari kamus Bahasa Indonesia, oleh penulis dan editor Berikut di antaranya:

1. Mencari kata yang definisinya atau artinya kita tidak tahu, 
2. Mencari arti dari ungkapan atau kiasan, 
3. Mencari kata yang definisinya kita ketahui,
4. Mencari kata mana yang penulisannya benar atau salah. 

Nah, fungsi paling utama dari kamus Bahasa Indonesia tentu adalah mencari kata yang definisinya atau artinya kita tidak tahu. Tapi ternyata dengan menggunakan kamus Bahasa Indonesia kita juga bisa mencari arti dari ungkapan atau kiasan, mencari kata yang definisinya kita ketahui, serta mencari kata mana yang penulisannya benar atau salah. 

Tentu kamus Bahasa Indonesia yang digunakan bukanlah kamus dalam bentuk buku. Karena jika kamus dalam bentuk buku, akan membutuhkan waktu cukup lama untuk mencari arti dari suatu kata.

Selain itu kamus dalam bentuk buku juga sulit atau tidak bisa digunakan untuk fungsi-fungsi lain seperti yang dijelaskan di atas.

Maka dari itu yang kita gunakan adalah kamus dalam bentuk software. Sehingga jika kita ingin mencari definisi atau arti kata yang tidak kita ketahui, kita hanya ketik kata tersebut dalam pencarian di software tersebut.

Lalu bagaimana cara menggunakan software kamus bahasa Indonesia untuk fungsi-fungsi lain seperti yang dijelaskan di atas? Dan bagaimana pula cara mendapatkan software kamus bahasa Indonesia tersebut?

Jawaban untuk dua pertanyaan tersebut ada di Panduan Rahasia Edit Naskah yang bisa didapatkan di www.editnaskah.com

Atau langsung klik


Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Related Posts

loading...
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments