Memformat Naskah ke Ukuran Buku dan mengatur margin buku

9/29/2016

Pada awalnya, biasanya naskah diketik di format A4 Microsoft word. Sementara ukuran format buku biasanya sekitar ukuran A5 (14,8x21cm) atau juga beberapa ukuran lain seperti 13x19cm, 14x20cm, dan lain sebagainya. 

Sebuah buku dibuat dengan ukuran tertentu agar buku tersebut nyaman untuk dibawa dan dibaca. 

Dari naskah yang awalnya diketik dengan format A4, kemudian saat proses layout buku tentu harus diubah ke ukuran buku. 

Setelah ukuran layout naskah sesuai format buku yang nantinya akan dicetak, misal ukuran A5 (14,8x21cm), kemudian harus disesuaikan marginnya atau jarak antara ujung atau sisi kertas dengan tulisan atau text.

Margin halaman untuk format buku kanan dan kiri atau halaman ganjil dan genap biasanya berbeda. Perbedaannya hanya pada satu sisi margin, yaitu margin dalam. 

Margin dalam adalah yang terdekat dengan bagian kertas yang dijilid sehingga diberi margin lebih besar, sementara margin luar adalah bagian luar. Untuk halaman ganjil margin inside ada di sebelah kiri dan outside di sebelah kanan. Sementara untuk halaman genap margin inside di sebelah kanan dan outside di sebelah kiri. 

Sebagai contoh, biasanya kami mengatur margin atas, bawah, dan margin luar adalah 2 cm. Sedangkan untuk margin dalam, bisa kami atur sejarak 2,5 cm.

Setelah memformat naskah ke ukuran buku dan mengatur margin sesuai format buku, masih ada langkah-langkah selanjutnya untuk membuat layout buku hingga buku siap untuk dicetak.

Tapi jika Anda ingin melayout naskah agar siap dicetak menjadi buku, kami sudah siapkan ratusan template dengan berbagai desain dan panduan layout buku. Anda hanya copy paste naskah saja di template dan sesuaikan.

Silakan dapatkan di www.layuoutbuku.com

Atau langsung klik

http://layoutbukuku.blogspot.com/p/blog-page_30.html

Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Rasibook merupakan penerbit yang bisa menerbitkan karya Anda menjadi buku. 

Kami ingin meningkatkan minat baca dan semangat menulis di kalangan masyarakat. Terutama para penulis pemula untuk selalu semangat berkarya dan menerbitkan karya-karyanya. 

Melayout buku dengan mudah dan cepat >> cek www.layoutbuku.com

Lihat Cara Menerbitkan Buku di Rasibook >> http://www.rasibook.com/p/paket-penerbitan.html

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments