Cara Membuat Halaman, Header dan Footer Format Buku

9/30/2016
Sebuah buku tentu harus dilengkapi dengan nomor halaman agar pembaca nantinya bisa menandai atau mencari bagian tertentu di halaman tertentu dalam sebuah buku.

Nomor halaman bisa diletakkan di bagian header, bisa juga diletakkan di bagian footer. Header adalah bagian atas dari suatu halaman buku. Sementara footer adalah bagian bawah dari suatu halaman buku. 

Selain untuk halaman buku, di bagian footer atau header biasanya ada tulisan yang menunjukkan judul buku, atau ada juga yang menunjukkan nama penulis.

Untuk membuat header dan footer memang sangat mudah. Saya yakin temen-temen juga pasti sudah bisa. Tapi untuk format buku, jika ada header, footer dan halaman, posisinya biasanya berbeda antara halaman ganjil dan genap. 

Pada halaman ganjil, posisi nomer halaman dan footer ada di sebelah kanan karena bagian terluar dari halaman ada di sebelah kanan. Sementara untuk halaman genap, posisi nomer halaman dan footer ada di sebelah kiri, karena bagian terluar dari halaman ada di sebelah kiri. Contohnya seperti gambar berikut ini:

Pada gambar tersebut, judul buku dan nomor halaman pada halaman 3 dan juga seluruh halaman ganjil diletakkan di sebelah kanan. Sementara judul buku dan nomor halaman pada halaman 4 dan juga seluruh halaman genap diletakkan di sebelah kiri.

Jika di seluruh halaman, nomor halaman dan judul buku ingin diletakkan di tengah bisa saja. Biasanya jika nomor halaman berada di tengah di bagian footer, maka judul buku berada di tengah pada bagian header.

Walaupun pada umumnya peletakkannya memang seperti contoh gambar di atas.

Lalu bagaimana caranya untuk membuat halaman header dan footer berbeda pada halaman ganjil dan genap?

Caranya, serta cara membuat layout buku secara lengkap bisa dipelajari di www.layoutbuku.com

Atau langsung klik

http://layoutbukuku.blogspot.com/p/blog-page_30.html

Di sana ada juga ratusan template untuk membuat layout buku dengan berbagai desain menarik. Jadi untuk membuat layout buku hanya copy paste naskahnya saja pada template lalu sesuaikan.

Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Related Posts

loading...
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments