4 Langkah Self Editing yang Membuat Naskah Jauh Lebih Bagus

9/18/2016

Jika Anda ingin menerbitkan buku dan telah selesai menulis, sebaiknya jangan langsung mengirim naskah Anda ke penerbit. Tapi lakukan-lah self editing. Adapun langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan self editing agar naskah Anda jauh lebih bagus adalah:

1.Endapkan naskah Anda terlebih dahulu

Setelah selesai menulis, endapkan dulu naskah Anda, jangan lakukan self editing. Anda bisa jalan-jalan atau refresing terlebih dahulu. Beri jeda beberapa hari sampai Anda benar-benar fresh. Kecuali jika naskah itu sudah mendekati deadline dan harus segera dikirimkan.

2. Lakukan editing seperti tahap di bab sebelumnya

Setelah Anda kembali fresh, Anda bisa lakukan self editing seperti langkah atau tahapan editing yang sudah dijelaskan di bab sebelumnya. Koreksi bagian yang salah ketik dan tandai bagian yang penulisannya masih lemah. Kemudian setelah itu baru perbaiki bagian yang masih lemah tersebut.

3. 

4. Minta saran dari orang terdekat Anda yang suka membaca

Untuk menghasilkan naskah yang bagus, Anda juga bisa minta teman atau sanak saudara yang memang punya hobi membaca buku yang se-genre atau sejenis dengan naskah yang Anda tulis.

Tanyakan padanya apa yang masih kurang dari naskah yang Anda tulis. Jika ada, Anda bisa pertimbangkan untuk memper-bai¬ki bagian-bagian yang kurang tersebut.

Jika Anda sudah merasa naskah Anda layak terbit, dan sudah melalui tahap self editing seperti di atas, baru kirimkan ke penerbit

Langkah no 3 dan juga ilmu lengkap tentang edit naskah bisa dipelajari di Panduan Rahasia Edit Naskah

Atau langsung klik




Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Rasibook merupakan penerbit yang bisa menerbitkan karya Anda menjadi buku. 

Kami ingin meningkatkan minat baca dan semangat menulis di kalangan masyarakat. Terutama para penulis pemula untuk selalu semangat berkarya dan menerbitkan karya-karyanya. 

Melayout buku dengan mudah dan cepat >> cek www.layoutbuku.com

Lihat Cara Menerbitkan Buku di Rasibook >> http://www.rasibook.com/p/paket-penerbitan.html

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments