Ini Pentingnya Proses Edit Naskah

9/19/2016

Sebelum suatu naskah diterbitkan, penting untuk melalui proses edit naskah terlebih dahulu. Karena selalu ada kemungkinan naskah tersebut terjadi kesalahan-kesalahan. Baik kesalahan yang tidak disengaja, karena kesalahan penulisan. Atau juga kesalahan yang disebabkan karena ketidakta­hu­an penulis tentang tata cara penulisan yang benar. 

Kesalahan-kesalahan tersebut bisa membuat pembaca terganggu kenyamanannya. Dan yang lebih parah lagi bisa juga menyebabkan pembaca salah mengerti maksud dari kata yang salah tersebut.

Misalkan pada kalimat berikut:
"Ayah pergi ke Badung"

Yang seharusnya:
"Ayah pergi ke Bandung"

Misalkan pada kalimat tersebut terjadi kesalahan penulisan. Yang seharusnya Bandung tapi ditulis Badung. Tentu maksudnya akan berbeda. Karena Badung adalah kota di Bali sementara Bandung adalah nama kota di Jawa Barat. Sehingga pembaca bisa salah mengerti.

Itu juga bisa terjadi untuk kata-kata lainnya. Misalnya bobrok malah ditulis borok. Yang lebih fatal jika ternyata kesalahan menyebabkan penulisan kata yang tidak etis untuk dicantumkan.

 "Buku yang menarik mampu  membuat pembacanya merasa nyaman untuk terus membaca hingga selesai" 

Bukan hanya editor yang harus menguasai pengetahuan dan kemampuan edit naskah. Penulis pun perlu tahu dan bisa mengedit naskah. Karena naskah penulis, saat dikirimkan pada penerbit, editor di penerbit tersebut tentu akan melakukan penilaian awal tentang naskah tersebut. Jika di penilaian awal saja, editor tidak terkesan dengan naskah penulis, tentu kecil kemungkinan naskah tersebut diterima untuk diterbitkan di penerbit tersebut.

Sementara jika editor saat memeriksa naskah penulis ternyata tidak terdapat banyak kesalahan, ia akan memeriksa lebih lanjut tentang isi naskah tersebut yang artinya ada kemungkinan naskah tersebut diterima penerbit.

Jika kamu ingin menjadi penulis atau editor tapi tidak tahu ilmu mengedit naskah, saat ini sudah ada Panduan lengkap yang mengajarkan bagaimana caranya mengedit naskah dengan lebih cepat dan tepat.

Di Panduan Rahasia Edit Naskah juga diungkapkan teknik-teknik rahasia dalam mengedit naskah.

Info lengkap dan cara mendapatkannya bisa dilihat di www.editnaskah.com

Atau langsung klik


Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!


202 Panduan & template layout buku >> cek www.layoutbuku.com

Panduan Rahasia Edit Naskah >> cek www.editnaskah.com

137 Template & panduan desain cover >> cek www.powercover.rasibook.com

Lihat Cara Menerbitkan Buku di Rasibook >> http://www.rasibook.com/p/paket-penerbitan.html

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments