Cara Merapikan Naskah dengan Pemenggalan kata

9/17/2016
Kalau kita perhatikan dengan rinci di naskah akan ada spasi antar kata yang lebih renggang dari yang lain jika kita memilih paragraf justify. Contohnya seperti di bawah ini:


Di baris pertama jarak atau spasi antar kata lebih renggang dibanding yang lain. Sebenarnya bukan masalah yang berarti. Tapi apabila Anda ingin membuat spasinya menjadi sama dan terlihat lebih rapi harus ada pemenggalan kata di ujung baris. 

Biasanya pemenggalan kata ditandai dengan tanda strip (-). Tentu saja kita tak perlu memenggal kata satu per satu, karena kita bisa lakukan dengan otomatis.

Maka secara otomatis seluruh naskah spasinya akan lebih rapi, tidak ada yang jauh lebih renggang dibandingkan yang lain dan karena secara otomatis ada kata yang dipenggal. Hasilnya dari contoh yang tadi menjadi seperti ini.


Secara otomatis, spasi antar kata menjadi sama dan secara otomatis ada pemenggalan kata pada kata “mendengarnya” dan kata “berkaca” pada paragraf tersebut.

Jika saat melakukan langkah di atas tidak ada perubahan, coba klik Review >> set language >> dan ubah menjadi english (united states).

Setelah itu lakukan kembali langkah sebelumnya untuk merapikan spasi antar kata dengan pemenggalan kata otomatis. 

Lalu, cek kembali dari halaman awal sampai halaman akhir pada pemenggalan kata di ujung baris. Jika ada pemenggalan kata yang kurang tepat segera betulkan dengan mengatur pemenggalan katanya dengan cara manual. 

Setelah itu atur pemenggalan katanya dengan menempatkan cursor di tempat pemenggalan kata yang benar.

Lakukan langkah tersebut untuk kata-kata lain yang pemenggalan katanya tidak tepat.

Untuk langkah ini, sebaiknya jangan terlalu banyak pemenggalan kata, misalnya di setiap halaman ada di hampir semua baris. Itu juga bisa mengurangi kenyamanan pembaca.

Pilihan tergantung pada masing-masing, apakah ingin spasi tidak begitu berbeda dengan konsekuensi ada banyak pemenggalan kata, atau tidak ada pemenggalan kata tapi spasi ada yang terlihat renggang dan rapat.

Cara lengkap untuk merapikan naskah dengan pemenggalan kata serta Panduan Rahasia Edit Naskah  lainnya secara lengkap bisa didapatkan di www.editnaskah.com

Atau langsung klik


Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Rasibook merupakan penerbit yang bisa menerbitkan karya Anda menjadi buku. 

Kami ingin meningkatkan minat baca dan semangat menulis di kalangan masyarakat. Terutama para penulis pemula untuk selalu semangat berkarya dan menerbitkan karya-karyanya. 

Melayout buku dengan mudah dan cepat >> cek www.layoutbuku.com

Lihat Cara Menerbitkan Buku di Rasibook >> http://www.rasibook.com/p/paket-penerbitan.html

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments