Cara Mengedit Naskah dengan Cepat dan Tepat

8/22/2016

> Pentingnya Proses Edit Naskah


Sebelum suatu naskah diterbitkan, penting untuk melalui proses edit naskah terlebih dahulu. Karena selalu ada kemungkinan naskah tersebut terjadi kesalahan-kesalahan. Baik kesalahan yang tidak disengaja, karena kesalahan penulisan. Atau juga kesalahan yang disebabkan karena ketidakta­hu­an penulis tentang tata cara penulisan yang benar. 

 "Buku yang menarik mampu  membuat pembacanya merasa nyaman untuk terus membaca hingga selesai" 

Bukan hanya editor yang harus menguasai pengetahuan dan kemampuan edit naskah. Penulis pun perlu tahu dan bisa mengedit naskah. Karena naskah penulis, saat dikirimkan pada penerbit, editor di penerbit tersebut tentu akan melakukan penilaian awal tentang naskah tersebut. Jika di penilaian awal saja, editor tidak terkesan dengan naskah penulis, tentu kecil kemungkinan naskah tersebut diterima untuk diterbitkan di penerbit tersebut.


> Yang harus dikuasai editor


  1. Hobi membaca dan mahir menulis
  2. Memahami Ejaan Bahasa Indonesia dan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar    
  3. Memiliki Ketelitian

Itu beberapa hal yang paling penting dikuasai editor. Seorang editor tentu harus hobi membaca dan mahir menulis serta memiliki ketelitian tinggi untuk melihat kesalahan-kesalahan yang ada pada naskah.

Yang paling penting, seorang editor harus menguasai dan memahami ejaan bahasa Indonesia dan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

Hal tersebut meliputi cara penggunaan huruf besar, huruf miring, dan huruf tebal. Lalu juga penulisan kata gabungan, kata turunan, kata ulang, kata depan, dan lain sebagainya. Dan yang paling penting juga tentu penggunaan seluruh tanda baca. Serta yang tidak kalah penting adalah bagaimana penulisan kalimat dialog, penyajian paragraf, kalimat efektif, dan masih banyak lagi. 

Lalu, setelah menguasai ejaan bahasa Indonesia dan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar kita juga harus tahu kapan dan kata apa saja yang penulisannya harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan kapan menggunakan bahasa sehari-hari. Contohnya kata tidak dan enggak. dan lain sebagainya.

> Teknik Mengedit Naskah dengan Cepat dan Tepat


Setelah kita menguasai ilmu yang berkaitan tentang edit naskah yang harus dikuasai editor seperti yang dibahas di atas, lalu kita harus kuasai teknik mengedit naskah. 

Untuk mengedit naskah dengan cepat dan tepat kita harus menguasai teknik-tekniknya. Berikut beberapa teknik yang harus dikuasai:

1. Melacak perubahan yang dilakukan saat edit naskah dengan otomatis 

Pada saat mengedit naskah, kita harus tahu mana bagian yang telah kita ubah dan mana yang belum. Jika proses editing dikerjakan lebih dari satu orang, kita juga harus tahu siapa yang mengubah bagian-bagian tertentu. Perhatikan gambar di bawah ini


Gambar di atas adalah naskah yang sedang diedit. Perhatikan di bagian kanan gambar tersebut. Setiap kali kita mengedit naskah, di sebelah kanan akan muncul seperti di gambar. Sehingga kita bisa tahu perubahan apa yang telah kita lakukan, apakah kita menghapus, mengubah, atau menambahkan bagian-bagian tertentu di naskah tersebut.

Kita juga nantinya bisa melihat review jumlah perubahan dan apa saja perubahan yang telah dilakukan


Langkah ini sangat penting untuk mengontrol proses edit naskah yang kita lakukan. Untuk memunculkan hal di atas, ada langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum naskah diedit. Hal ini dibahas di Panduan Rahasia Edit Naskah


2. Memberikan komentar pada naskah

Saat mengedit naskah, mungkin juga ada bagian yang tidak kita mengerti dari maksud si penulis. Atau mungkin juga ada yang ingin kita komunikasikan pada penulis untuk menginforma­si­kan atau mengubah bagian-bagian tertentu.  Jika begitu, kita bisa langsung memberikan komentar pada bagian yang ingin kita tanyakan atau informasikan, seperti contoh di bawah ini


3.  Teknik membaca cepat dan melihat kesalahan dengan cepat

 Pada proses mengedit naskah, tentu kita harus membaca naskah tersebut dan memeriksa dari kemungkinan terdapat kesalahan dan kekurangan. Kita bisa lakukan teknik membaca cepat jika kita ingin pekerjaan yang kita kerjakan lebih cepat.  Akan tetapi, tentu ketelitian menjadi hal utama. 

Untuk membaca cepat dan melihat kesalahan dengan cepat, tekniknya pun dibahas di Panduan Rahasia Edit Naskah.


4.   Cara mengedit ratusan kesalahan dalam hitungan detik


Pada saat kita membaca dan memeriksa naskah, mungkin kita temukan kesalahan-kesalahan yang polanya sama. Jika kita menemu­kan hal itu, sebenarnya kita bisa perbaiki kesalahan-kesalahan tersebut dengan satu kali saja. 

Misalkan, di sebuah buku ada kesalahan penulisan kata yang seharusnya “motivasi”, tapi ternyata di naskah itu tertulis “motifasi”. Yang seharusnya menggunakan huruf v tapi ternyata menggunakan huruf f. Begitu juga misalnya ada kata yang seharusnya huruf depannya memakai huruf besar, atau ada tanda baca yang ditulis dengan spasi yang seharusnya tanpa spasi setelah akhir kalimat. Semua bisa diubah sekaligus dalam hitungan detik. 

5.  Cara praktis membandingkan file Awal dan file yang telah direvisi


Jika kita ingin membandingkan file naskah yang telah kita edit, atau telah diedit oleh orang lain, dan kita ingin melihat apa saja perbedaannya dan perubahannya, ada cara praktis untuk membanding­kan­nya. Silakan lihat gambar di bawah 


  • Di bagian paling kiri menunjukkan keterangan perubahan-perubahan file yang terjadi. 
  • Di bagian tengah menunjukkan compare document, atau file yang di-compare. Huruf berwarna biru dan bergaris bawah menunjukkan bagian yang ditambahkan pada file revisi. Sementara huruf berwarna biru yang dicoret menunjukkan bagian yang dihapus pada file revisi. 
  • Di sebelah kanan atas menunjukkan dokumen asli 
  • Di sebelah kanan bawah menunjukkan dokumen yang telah direvisi.   
Cara ini dibahas di Panduan Rahasia Edit Naskah

6.  Cara menggabungkan dua file yang direvisi oleh editor berbeda dalam hitungan detik


Dalam mengedit naskah, dimungkinkan untuk membagi tugas dengan beberapa editor. Dan jika tugas masing-masing sudah selesai, naskah tersebut bisa digabungkan menjadi satu dengan otomatis. Seperti yang terlihat di bawah ini, 


Di gambar bisa kita lihat, ada perubahan yang ditandai dengan warna merah, ada juga yang ditandai dengan warna biru. Itu adalah perubahan yang dilakukan oleh dua editor yang berbeda dari dua file yang telah digabungkan.

Cara untuk menggabungkan 2 file yang telah diedit tersebut juga dibahas di Panduan Rahasia Edit Naskah

Itulah beberapa contoh teknik-teknik edit naskah agar naskah bisa diedit lebih cepat dan lebih tepat. Masih ada lagi teknik-teknik lainnya seperti:
  • Cara self editing yang membuat naskah jauh lebih bagus
  • Merapikan naskah dengan pemenggalan kata secara otomatis dan manual
  • Membuat catatan kaki pada naskah
  • Menandai bagian naskah yang penulisannya masih lemah dan membuatnya lebih enak dibaca
  • Dan lain sebagainya.
Ilmu-ilmu yang harus dikuasai dalam mengedit naskah dan juga teknik-teknik rahasia edit naskah dibahas secara detail di Panduan Rahasia Edit Naskah yang berisi lebih dari 250 halaman. 


Selain itu ada juga bonus cara penggunaan sofware kamus besar bahasa Indonesia untuk mengedit naskah.

Jika Anda ingin menguasainya, segera dapatkan di www.editnaskah.com. Saat ini ada diskon 50 ribu. 

Manfaat yang Anda dapatkan jika mempelajari panduan ini adalah:
  • Anda bisa memiliki kemampuan sebagai editor naskah dan berkesempatan menjadi editor naskah. Tanpa perlu mengikuti pelatihan dengan biaya jutaan rupiah.
  • Jika Anda ingin menerbitkan buku secara indie, bisa mengedit naskah Anda sendiri sehingga tidak perlu keluar biaya mahal untuk membayar jasa edit naskah.
  • Anda bisa mengedit naskah dengan lebih cepat dan tepat. Sehingga bisa menghemat waktu.
  • Anda bisa membuka jasa edit naskah dan menghasilkan pendapatan.
  • Dan masih banyak lagi.
Pilihan ada di tangan Anda. Jika masih ingin menjadi penulis atau editor, sangat perlu untuk menguasai panduan ini. Karena persaingan untuk menjadi penulis dan editor sangat ketat. Jangan mau kalah dari yang lain.

 "Keberhasilan akan datang pada siapa saja yang mau belajar, dan berani untuk segera mengambil keputusan" 

Panduan Rahasia Edit Naskah, Klik > www.editnaskah.com

Atau langsung klik


Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Rasibook merupakan penerbit yang bisa menerbitkan karya Anda menjadi buku. 

Kami ingin meningkatkan minat baca dan semangat menulis di kalangan masyarakat. Terutama para penulis pemula untuk selalu semangat berkarya dan menerbitkan karya-karyanya. 

Melayout buku dengan mudah dan cepat >> cek www.layoutbuku.com

Lihat Cara Menerbitkan Buku di Rasibook >> http://www.rasibook.com/p/paket-penerbitan.html

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments