Ini Alasan Mengapa Penulis Harus Menguasai Edit Naskah

2/26/2016


Halo sahabat Literasi, untuk menjadi penulis yang sukses memang tidak mudah, tapi  jika kita serius dan terus belajar, tentu punya peluang besar menjadi penulis sukses.

Untuk menjadi penulis, salah satu yang harus dikuasai adalah kemampuan mengedit naskah. 

Loh, itu bukannya tugas editor??

Yang perlu diketahui bahwa akan selalu ada kemungkinan di naskah terjadi kesalahan-kesalahan. Baik kesalahan yang tidak disengaja, karena kesalahan penulisan. Atau juga kesalahan yang disebabkan karena ketidaktahuan penulis tentang tata cara penulisan yang benar.

Selain itu, proses edit naskah juga diperlukan untuk membuat pembaca merasa nyaman dan tidak terganggu ketika membaca tulisan tersebut.

Nah, bukan hanya editor yang harus menguasai pengetahuan dan kemampuan edit naskah. Penulis pun perlu tahu dan bisa mengedit naskah. 

Karena naskah penulis, saat dikirimkan pada penerbit, editor di penerbit tersebut tentu akan melakukan penilaian awal tentang naskah tersebut. 

Jika di penilaian awal saja, editor tidak terkesan dengan naskah penulis, tentu kecil kemungkinan naskah tersebut diterima untuk diterbitkan di penerbit tersebut.

Jadi, penting juga bagi penulis untuk bisa mengetahui dan menguasai proses edit naskah. Agar sebelum naskah dikirim, naskah tersebut sudah rapi secara ejaan dan tata bahasa, serta penyusunan naskah yang baik. 

Apalagi kalau penulis memutuskan untuk menerbitkan bukunya secara self publishing. Walaupun sebenarnya bisa membayar editor untuk mengedit naskahnya, tapi harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menggunakan jasanya.

Tapi sekarang kita bisa mempelajari tentang edit naskah melalui Panduan Rahasia Edit Naskah. Di dalam panduan tersebut, bukan hanya teori tentang edit naskah saja, tapi ada juga teknik-teknik rahasia untuk mengedit naskah dengan lebih cepat dan tepat.

Kita bisa mempelajari panduannya yang ada di http://www.editnaskah.com/

Atau kirim email ke penerbitrasibook@gmail.com dengan menuliskan "mau panduan rahasia edit naskah". Nanti kami akan informasikan cara mendapatkan Panduan Rahasia Edit Naskah.

Jika serius dan terus belajar, tentu punya peluang besar menjadi penulis sukses atau editor andal.

Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Related Posts

loading...
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments