Proses Mengolah Naskah Menjadi Buku

6/07/2015

Jika Anda ingin menerbitkan buku sendiri, ada beberapa proses yang harus dilakukan setelah naskah Anda jadi.

Berikut adalah proses mengolah Naskah Menjadi Buku:


  • Editing



Editing merupakan proses untuk mengecek kembali naskah yang telah ditulis. Kemudian memperbaiki apabila ada kesalahan-kesalahan seperti kesalahan penulisan, atau penempatan kata-kata yang kurang tepat, dan bagian-bagian yang kurang menarik.

Sehingga nantinya buku tersebut menjadi buku yang nyaman dibaca oleh pembaca. 

Akan lebih baik jika proses editing diserahkan kepada ahlinya yang telah berpengalaman. Biasanya jika Anda menerbitkan secara self publishing melalui penerbit indie, ada layanan yang disediakan oleh penerbit tersebut.

Namun Jika Anda ingin mengedit sendiri, kuasai ilmunya secara keseluruhan. Anda bisa belajar dari Panduan Rahasia Edit Naskah yang bisa didapatkan di www.editnaskah.com

  •  Layouting



Layouting adalah proses yang harus dilakukan untuk membuat naskah menjadi buku. Namun untuk melayout buku, biasanya menggunakan software desain seperti corel draw, adobe page maker, Indesign, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana yang tidak mahir menggunakan software tersebut? - See more at: http://www.layoutbuku.com/#sthash.juYX81tV.dpuf
Layouting adalah proses yang harus dilakukan untuk membuat naskah menjadi buku. Layouting merupakan proses memformat naskah menjadi siap cetak.

Namun untuk melayout buku, biasanya menggunakan software desain seperti corel draw, adobe page maker, Indesign, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana yang tidak mahir menggunakan software tersebut?

Sekarang siapa pun bisa  MEMBUAT LAYOUT BUKU SENDIRI DENGAN SANGAT MUDAH DAN CEPAT TANPA MAHIR SOFTWARE DESAIN SAMA SEKALI. Hal itu bisa dikerjakan dengan hanya men-copy paste naskah Anda dan sedikit penyesuaian. Caranya bisa dilihat di www.layoutbuku.com

Layouting adalah proses yang harus dilakukan untuk membuat naskah menjadi buku. Namun untuk melayout buku, biasanya menggunakan software desain seperti corel draw, adobe page maker, Indesign, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana yang tidak mahir menggunakan software tersebut? - See more at: http://www.layoutbuku.com/#sthash.juYX81tV.dpuf
  •  Desain Cover



Setiap buku tentu harus ada desain cover. Untuk membuat desain cover pun perlu mahir mendesain dan menguasai software-software desain.

Saat ini banyak yang menyediakan layanan jasa desain cover. Termasuk jika Anda menerbitkan secara self publishing melalui penerbit indie, layanan Desain cover sudah disediakan.

  • ISBN & Barcode

ISBN adalah nomer identifikasi Buku. Sebenarnya ISBN tidak terlalu wajib bagi Anda yang ingin menerbitkan buku secara self publihing. Namun akan lebih baik jika buku juga terdapat ISBN dan barcode di belakang buku.

Di Indonesia, ISBN dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Dan yang bisa mengajukan adalah penerbit yang telah berbadan usaha seperti PT atau CV.

Tapi jika Anda ingin menerbitkan buku yang ber-ISBN, Anda bisa menerbitkan buku melalui penerbit indie yang pastinya juga menyediakan layanan pengurusan ISBN.

Namun ada juga penerbit indie yang memalsukan ISBN. Untuk membedakan ISBN yang asli atau palsu silakan lihat cara membedakan ISBN asli dan palsu.

Dan yang lebih penting, terbitkan karya Anda di penerbit indie yang terpercaya seperti rasibook.com


Jika Anda menerbitkan buku secara indie melalui penerbit indie, biasanya layanannya sudah satu paket. Lalu bagaimana jika Anda ingin mengedit sendiri dan tidak menggunakan layanan dari penerbit indie?

Tenang, masih ada juga penerbit indie yang membebaskan penulis untuk memilih layanan. Jika Anda ingin menerbitkan buku dengan layanan bebas memilih, dan dengan biaya layanan yang terjangkau, bisa ke rasibook.com

Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Rasibook merupakan penerbit yang bisa menerbitkan karya Anda menjadi buku. 

Kami ingin meningkatkan minat baca dan semangat menulis di kalangan masyarakat. Terutama para penulis pemula untuk selalu semangat berkarya dan menerbitkan karya-karyanya. 

Melayout buku dengan mudah dan cepat >> cek www.layoutbuku.com

Lihat Cara Menerbitkan Buku di Rasibook >> http://www.rasibook.com/p/paket-penerbitan.html

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments