Dua Hal Yang Harus diperhatikan dalam Menentukan Judul Buku

12/16/2014


Pada umumnya, judul buku adalah hal pertama yang orang lihat sebelum membeli buku. Ketika kita menentukan judul buku yang kita tulis, ada setidaknya 2 hal yang harus diperhatikan:



1. Menggambarkan isi buku.

Kamus, Surat, Belajar, Baca, Abc

Judul memang sewajarnya menggambarkan isi buku. Apa jadinya jika yang membeli buku ternyata begitu membaca, isinya jauh dari judulnya. 

Misalkan beli buku tetang panduan membuat program komputer, ternyata isinya tentang program diet. Wah, kalo itu sih ngawur hehe.....


Intinya, judul adalah kata atau beberapa kata yang mewakili isi buku tersebut.


2. Menarik

Tarik Tambang, Kekuatan, Kerja Sama

Nah, karena judul adalah hal pertama yang dilihat, maka judul buku adalah sangat penting dibuat menarik. 

Banyak buku yang laris dipasaran pun karena judulnya menarik dan menggambarkan isinya. 

Contoh: coba lihat judul buku "7 Keajaiban Rezeki". Kata 'rezeki' adalah hal yang dicari semua orang. Kata 'keajaiban' adalah kata yang menarik perhatian orang. 

Coba saja kalau ada artikel judulnya 'Bayi Ajaib', atau 'pohon ajaib', pasti bikin pembaca penasaran. Sedangkan angka 7 menunjukkan jumlah yang menggambarkan pembahasan di buku tersebut.

Kalau Raditya Dika memilih nama binatang untuk membuat judul bukunya menarik. Dari mulai Kambing Jantan, Manusia setengah Salmon, sampe yang terbaru, Koala Kumal, semuanya ada nama bianatangnya.

Ada juga penulis yang membuat judul bukunya sangat singkat dan bikin orang penasaran. Misal Dony Dhirgantoro dengan buku '5cm' dan '2'. Ahmad Fuadi juga membuat judulnya dari angka dan huruf, "Negeri 5 menara", Ranah 3 Warna'.

Itulah sedikit pembahasan tentang Menentukan Judul Buku. Dan jangan lupa, Anda juga harus tau bagaimana menentukan judul yang menjual. Supaya buku Anda nantinya bisa laris.

Apa judul buku yang sudah kamu buat?


Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Sekarang fokus di dunia tulis menulis dengan mendirikan CV. Rasi Terbit atau penerbit buku rasibook.

Hobi main futsal atau sepak bola, hobi juga nulis tentunya. Nulis blog juga di banguninspirasi.com, Literasi.net,  dan beberapa blog lainnya

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments