4 HAL YANG DIPERTIMBANGKAN PENERBIT DALAM MENERIMA NASKAH

6/30/2014



Mungkin kamu sebagai penulis seringkali ditolak oleh penerbit. Ada beberapa hal yang membuat penerbit menolak naskah kamu.
 

Tentu penerbit, terutama penerbit besar biasanya banyak mendapatkan kiriman naskah sehingga mereka akan menyeleksi secara ketat. Hal yang dipertimbangkan adalah sebagai berikut:

1. Kesesuaian dengan penerbit

Jika naskah dirasa tidak sesuai untuk diterbitkan di penerbit tersebut, tentu naskah akan ditolak. Misalkan, kamu punya naskah islami, kirimlah ke penerbit yang menerbitkan naskah islami.


Atau kamu punya naskah tentang komputer, maka kirimkan ke penerbit yang biasa menerbitkan buku yang sejenis.


2. Kualitas Naskah

Kualitas naskah tentu menjadi faktor terbesar dalam penilaian. Naskah yang masuk ke redaksi penerbit, biasanya sangat banyak. Tentu mereka akan menyeleksi naskah yang memiliki kualitas terbaik menurut penilaian mereka. Karena penerbit juga ingin memuaskan pembaca yang membaca buku terbitan mereka.


Hal awal yang terpenting adalah tidak terdapat banyak kesalahan penulisan pada naskah tersebut. Maka dari itu sebelum naskah dikirimkan, penting untuk melakukan self editing, atau mengedit terlebih dahulu naskah tersebut.

Untuk menguasai ilmunya, pelajari Panduan Rahasia Edit Naskah di www.editnaskah.com


3. Penulis

Penulis yang telah terkenal akan lebih mudah diprioritaskan. Walaupun bukan faktor penentu.


Selain itu, penulis yang punya keterampilan atau keahlian di bidang tertentu, tentu akan lebih besar peluangnya untuk naskahnya diterima jika menulis tentang bidang yang menjadi keahliannya.



Misalkan kamu seorang pemain gitar dan kamu mengirimkan naskah cara memainkan gitar.


4. Nilai jual


Ini salah satu hal yang terpenting juga. Karena penerbit tentu tak mau usahanya rugi karena menerbitkan buku yang tak punya nilai jual. Buku yang memiliki nilai jual akan mendapat prioritas.

Naskah harus punya target market. Apakah target marketnya anak-anak, remaja, atau lainnya. Naskah juga harus memiliki keunikan dibanding naskah lainnya. 

Agar buku memiliki nilai jual, pelajari Jurus Menulis Buku Bernilai Jual di bit.ly/jmbbj




Jadi penting untuk mempelajari penerbit yang sesuai untuk menerbitkan naskah Anda. Lalu Anda juga harus memperhatikan kualitas naskah Anda, dan lebih bagus lagi kalau Anda bisa meyakinkan penerbit bahwa karya anda memiliki nilai jual. 



 

Namun jika masih ditolak penerbit, anda bisa terbitkan karya di www.rasibook.com yang 99,99% tidak menolak naskah dengan paket penerbitan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan naskah.

Selain menguasai ilmu dan teknik edit naskah serta jurus menulis buku bernilai jual, jika ingin menerbitkan naskah sendiri penting juga untuk mengusai layout buku agar tak perlu lagi membayar jasa layout buku. Sekarang untuk membuat layout buku bisa dengan mudah dan cepat menggunakan 202 template Super Layouter di www.layoutbuku.com

Selaini itu, penting juga untuk bisa membuat desain cover sendiri agar tak perlu membayar jasa desain cover. Untuk membuat desain cover dengan mudah bisa menggunakan Power Cover di www.powercover.rasibook.com

Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Sekarang fokus di dunia tulis menulis dengan mendirikan CV. Rasi Terbit atau penerbit buku rasibook.

Hobi main futsal atau sepak bola, hobi juga nulis tentunya. Nulis blog juga di banguninspirasi.com, Literasi.net,  dan beberapa blog lainnya

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments