Ingin Menjadi Penulis? Lakukan 4 Hal Berikut

4/02/2013
Pengusaha, Startup, Start-Up, Pria, Perencanaan, Bisnis

Banyak orang yang berkeinginan menjadi penulis, mungkin termasuk Anda.
Lalu apa yang harus dilakukan untuk menjadi penulis?
Berikut ini adalah cara atau langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk menjadi seorang penulis:

  • Banyak membaca
Wanita, Membaca, Buku, Tempat Tidur Gantung

Penulis membutuhkan ide atau gagasan, dan ide atau gagasan itu banyak kita dapatkan dari membaca. Ada banyak jenis bacaan yang bisa kita baca tergantung minat kita. Apa yang kita baca amat menentukan gaya kepenulisan kita.

Dari membacalah kita mengetahui bagaimana seorang penulis menyusun karyanya dengan gaya bahasanya. Itu menjadi inspirasi buat kita.

  •  Mencoba menulis
Pengusaha, Startup, Start-Up, Pria

Tuliskan saja apa yang ingin anda tuliskan, bahkan ketika anda tidak punya ide sama sekali anda pun bisa menulis cerita bahwa anda sedang tidak punya ide.

Menulis bisa melalui media apa saja, bisa anda tulis di komputer anda, buku harian Anda, atau pun di media sosial seperti facebook, dan juga blog. Semakin banyak kita menulis maka kita semakin mengasah kemampuan kita untuk menulis.

Semakin banyak karya yang kita hasilkan, semakin baik.

  • Mengirimkan tulisan
Email, Keyboard, Komputer, Mail, Pada

Setelah anda mencoba banyak menulis tentang apapun itu baik artikel, puisi, ataupun cerpen, cobalah untuk mengirimkannya ke media seperti media cetak. Atau jika tulisan anda sudah menjadi sebuah buku, anda bisa mengirimkannya ke penerbit buku. Tapi tak usah khawatir apabila naskah anda ditolak penerbit. Anda juga bisa mengirimkan naskah buku anda ke www.rasibook.com yang tidak menolak naskah Anda.


  • Teruslah menulis
Wanita, Mengetik, Menulis, Macbook

Jika naskah anda ditolak atau sudah pernah diterbitkan, teruslah menulis. Kembangkan terus kemampuan anda dan perbanyak karya-karya anda. Jangan pernah menyerah hanya karena naskah Anda ditolak. Terus menulis dan mengirimkan karya sebisa yang Anda bisa. Perbaikilah dan evaluasi setiap kali menulis. Percayalah, jika Anda konsisten hasilnya suatu saat akan terlihat.


Demikian cara menjadi penulis. Jika Anda membaca sampai akhir tentunya ini bermanfaat untuk Anda. Jika bermanfaat tentunya tak perlu ragu untuk share artikel ini. Mari saling mencari dan berbagi ilmu dan inspirasi.


Mari menyebarkan info, ilmu dan inspirasi

Masukkan email untuk dapat Artikel Terbaru, GRATIS!

Sekarang fokus di dunia tulis menulis dengan mendirikan CV. Rasi Terbit atau penerbit buku rasibook.

Hobi main futsal atau sepak bola, hobi juga nulis tentunya. Nulis blog juga di banguninspirasi.com, Literasi.net,  dan beberapa blog lainnya

Related Posts

First
Comments
0 Comments